Rabu, 09 Mei 2012

NIKMATNYA SHALAT BERJAMA’AH




Seorang yang mengerti manfaat dan besarnya fadilah dan pahala shalat berjamaah tentu akan merasa sedih jika meninggalkannya.Sebaliknya merasa nikmat bila bisa melakaukanya. Oleh karena itu Shalat berjamaah sangat dianjurkan karena banyaknya kebaikan didalamnya.

Dalam surat Al-Baqarah 277 disebutkan: "Sungguh, orang-orang mukmin yang beramal shaleh menegakkan Shalat dan membayar Zakat hartanya, maka pahala mereka di sisi Allah SWT, tiada rasa gentar ataupun sedih atas mereka."

Nabi muhammad SAW dalam satu kisah disebutkan, beliau tengah duduk di masjid, lalu masuklah seorang pria muda, ia dihormati dan dipersilahkan duduk disisi beliau melebihi tempat Abu Bakar r.a., Nabi Muhammad SAW menjelaskan alasannya, dengan sabdanya: "Ya Abu Bakar aku persilahkan pria ini duduk melebihi tempatmu, sebab tiada seorang di dunia ini yang bershalawat lebih banyak daripadanya, ia gunakan waktu pagi dan sore untuk bershalawat kepadaku."

Dalam sabda lainya, Nabi Muhammad SAW mengatakan: "Siapa aktif shalat lima waktu secara bejama'ah, maka baginya lima perkara,yaitu:
1.Tidak bakal menderita fakir-melarat di dunia ;
2.Selamat dari siksa kubur ;
3.Menerima catatan amalnya dengan tangan kanan ;
4.Melintasi Sirath bagaikan kilat menyambar ;
5.Allah SWT memasukannya ke Surga tanpa proses perhitungan ataupun hukuman  
   dosa(tanpa disiksa)

Sabda Nabi Muhammad SAW lainnya: "Shalat berjamaah yang dikerjakan seseorang (dimasjid) itu lebih baik daripada Shalat sendirian di rumah selama 40 tahun lamanya."

Jadi, sungguh berbahagia, sungguh sangat nikmat rasanya bila dapat melaksanakan shalat berjama'ah di masjid. Mari kita amalkan. Akan bisa kalau sudah terbiasa. Paksakan diri ke masjid walaupun dalam kondisi sibuk apapun. Lakukan pengaturan manajemen waktu untuk bisa shalat berjama'ah setiap harinya.

Sumber: Ust . Abu HF Ramadlan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar